Asuransi Pendidikan Anak, Apa Sangat Penting?

Ini Dia Pentingnya Asuransi Pendidikan buat Anak

Orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Kita semua tahu, semakin lama biaya pendidikan semakin mahal. Tidak hanya di sekolah-sekolah swasta saja, tapi juga sekolah negeri. Untuk itu, sebagai orangtua yang baik harus mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak sejak dini. Salah satu penunjang untuk mempersiapkan biaya pendidikan adalah dengan asuransi pendidikan. Apa bedanya dengan tabungan pendidikan?

Pada dasarnya, asuransi pendidikan anak dan tabungan pendidikan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Bedanya, tabungan pendidikan dikelola oleh bank dimana dana dari customer akan dikelola dalam system tabungan atau deposito, sehingga hasilnya lebih besar dari tabungan biasa. Biasanya, jangka waktu tabungan pendidikan disesuaikan dengan tujuan jenjang pendidikan yang akan dibiayai.

Misalnya jika tabungan anda akan digunakan untuk membiayai anak ketika masuk SD, maka anda jika anda mulai menabung saat anak lahir, jangka waktu tabungan tersebut cukup 6 tahun saja. Sementara itu, asuransi pendidikan dikelola oleh perusahaan asuransi. Biasanya, hasil investasi yang diberikan lebih tinggi dari tabungan pendidikan, dimana pemilik asuransi harus membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih.

Hasil yang diperoleh dari investasi tersebut akan dibayarkan disesuaikan dengan tahapan sekolah anak anda, misalnya saat anak memasuki jenjang pendidikan baru seperti SD, SMP, SMA ataupun perguruan tinggi. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa tabungan pendidikan adalah untuk menyiapkan dana pendidikan dalam jangka pendek, sedangkan asuransi pendidikan lebih sesuai untuk jangka panjang.

Apa keuntungan memiliki asuransi pendidikan anak? Dengan mengasuransikan pendidikan anak, orangtua akan dapat merencanakan masa depan anak dengan lebih baik. Lihat saja betapa mahalnya biaya pendidikan sekarang ini. Seiring tahun berganti, biaya pendidikan juga akan semakin meningkat. Untuk itulah orangtua harus mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Dengan memiliki asuransi pendidikan, kepastian akan masa depan pendidikan anak akan lebih terjamin, sehingga orangtua tak perlu khawatir dengan meningkatnya biaya pendidikan.

Orangtua tidak akan kebingungan lagi mencari biaya untuk membayar uang sekolah anak saat dibutuhkan, karena asuransi pendidikan akan menjamin biaya pendidikan buah hati anda hingga perguruan tinggi. Apabila terjadi resiko orangtua meninggal, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk memenuhi seluruh dana pendidikan.

Dengan banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan asuransi pendidikan, ada baiknya anda jeli dalam memilih perusahaan asuransi yang paling tepat untuk anda. Anda dapat mempertimbangkan manfaat apa saja yang akan anda peroleh jika mengikuti program asuransi pendidikan di perusahaan asuransi tersebut. Dengan demikian anda akan memperoleh keuntungan yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.